Billboard Chickeet
TUGAS INDIVIDU UJIAN AKHIR SEMESTER
BILLBOARD CHICKEET
Oleh: Navila Arjinia Aulia Sonata (1306385601)
Foot never tasted this good, tagline inilah
yang menjadi fokus saya dalam membuat desain billboard untuk produk
yang saya pilih yaitu keripik ceker ayam dengan merek CHICKEET yang
merupakan singkatan dari Chicken Feet. Alasan
dari penggunaan tagline tersebut adalah karena kripik ceker ayam ini
benar-benar memiliki cita rasa khas yang berbeda dari kripik-kripik lainnya,
dan dengan tujuan menanamkan sugesti bahwa tidak pernah ada kripik yang rasanya
seenak ini.
Sebelum membahas tentang kompenen apa saja
yang terdapat dalam desain saya kali ini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai keripik ceker ayam ini
yang merupakan makanan ringan yang sehat. Saat ini, hasil-hasil samping dari produksi ternak ayam semakin
banyak dimanfaatkan menjadi produksi yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi,
misalnya usus ayam yang dibuat kripik usus bahkan cekernya juga dibuat kripik
yang cita rasanya tidak kalah dengan rambak kulit sapi atau yang lainnya.
Kelebihan dari produk ini adalah rasanya yang
lebih gurih dibandingkan produk olahan kripik yang lain, selain itu makanan
ringan ini juga menyehatkan apabila dikonsumsi secara tepat, dan segala
kelemahan yang dimiliki produk ini dapat dihindari apabila ditangani dengan
baik. Terbukanya pasar global menjadikan produk ini sangat potensial, meskipun
harus bersaing ketat dengan berbagai produk kreatif lainnya.
Dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya,
keripik ceker ayam diharapkan dapat bersaing dan merebut hati masyarakat
Indonesia yang selalu tertarik dengan produk-produk baru yang kreatif dan
sesuai dengan selera masa kini.
Dengan
segala keunikan keripik ceker ayam
tersebut, saya menyadari bahwa Unique Selling Proposition (USP) dari produk ini adalah sebagai cemilan yang sehat dan enak. Karena keripik ceker ayam yang saat ini statusnya masih berupa
makanan tradisional, tentunya dengan merubah konsep packagingnya dengan konsep modern
dan elegan tentunya akan menumbuhkan suatu trend
tersendiri dan membuka peluang bagi pasar snack
seperti keripik ceker ayam ini. Selain itu, masyarakat masa kini sudah peduli dengan gaya hidup sehat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pesatnya
perkembangan industri makanan yang memiliki label makanan sehat.
Oleh karena
itu, saya memilih untuk mendesain billboard keripik ceker ayam ini dengan Strategi Unique Selling
Propotition (USP). Karena menurut saya strategi ini berorientasi pada keunikan atau kelebihan yang dimiliki oleh produk ini dan tidak dimiliki oleh produk lain.
Dalam billboard tersebut nampak jelas tagline
produk ini, Foot never tasted this
good, yang ditampilkan dengan jenis font serta warna yang tegas. Karena tujuan
penggunaan media luar ruang seperti billboard
adalah bagaimana iklan yang ditampilkan dapat menarik perhatian orang yang
melihatnya hanya dalam waktu sepersekian detik. Sehingga diperlukan sesuatu
yang sangat unik namun dapat menyampaikan maksud dari sebuah produk dengan
tepat kepada khalayaknya.
Saya
menggunakan desain yang simple, aneh, namun mengena. Kelezatan produk ini
digambarkan dengan mulut seseorang yang terbuka untuk dapat menikmati rasa
keripik ceker ayam yang unik dan beda dari keripik-keripik lain. Kemudian tiang
penopang billboard sengaja saya ganti
dengan kaki ayam raksasa untuk menunjukkan bahwa produk ini merupakan hasil
olahan dari ayam. Meskipun bukan bentuk keripik yang saya tampilkan disini, namun
dapat saya yakinkan bahwa setiap orang yang melihat billboard ini akan keheranan dan kemudian merasa penasaran sehingga
secara sadar maupun tidak sadar, produk ini akan melekat di benak mereka
sehingga nantinya diharapkan orang-orang tersebut akan membeli produk ini.
Bahasa yang
saya gunakan dalam desain ini adalah
bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, karena
target sasaran produk ini bukan hanya khalayak dalam negeri namun juga luar
negeri. Namun dengan disisipkannya logo 100%
produk Indonesia, maka setiap
orang yang melihat iklan ini akan menyadari bahwa produk khas Indonesia juga
menarik dan berkualitas. Lalu juga terdapat logo Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena
mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, sehingga mereka tidak akan ragu untuk menyantap produk ini karena terbukti
Halal.
Dominasi warna-warna
tegas pada desain ini seperti
merah, putih, krem dan hitam, menyesuaikan
dengan objek-objek yang ada dalam billboard tersebut.
Seperti mulut, dan ceker ayam itu sendiri. Desain yang terkesan
nyeleneh ini tentunya akan dapat membuat billboard ini mencuri perhatian masyarakat
yang melihatnya.
Komentar
Posting Komentar