Billboard Chickeet

TUGAS INDIVIDU UJIAN AKHIR SEMESTER

BILLBOARD CHICKEET

Oleh: Navila Arjinia Aulia Sonata (1306385601)

 Foot never tasted this good, tagline inilah yang menjadi fokus saya dalam membuat desain billboard untuk produk yang saya pilih yaitu keripik ceker ayam dengan merek CHICKEET yang merupakan singkatan dari Chicken Feet. Alasan dari penggunaan tagline tersebut adalah karena kripik ceker ayam ini benar-benar memiliki cita rasa khas yang berbeda dari kripik-kripik lainnya, dan dengan tujuan menanamkan sugesti bahwa tidak pernah ada kripik yang rasanya seenak ini.
Sebelum membahas tentang kompenen apa saja yang terdapat dalam desain saya kali ini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai keripik ceker ayam ini yang merupakan makanan ringan yang sehat. Saat ini, hasil-hasil samping dari produksi ternak ayam semakin banyak dimanfaatkan menjadi produksi yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, misalnya usus ayam yang dibuat kripik usus bahkan cekernya juga dibuat kripik yang cita rasanya tidak kalah dengan rambak kulit sapi atau yang lainnya.
Kelebihan dari produk ini adalah rasanya yang lebih gurih dibandingkan produk olahan kripik yang lain, selain itu makanan ringan ini juga menyehatkan apabila dikonsumsi secara tepat, dan segala kelemahan yang dimiliki produk ini dapat dihindari apabila ditangani dengan baik. Terbukanya pasar global menjadikan produk ini sangat potensial, meskipun harus bersaing ketat dengan berbagai produk kreatif lainnya.
Dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya, keripik ceker ayam diharapkan dapat bersaing dan merebut hati masyarakat Indonesia yang selalu tertarik dengan produk-produk baru yang kreatif dan sesuai dengan selera masa kini.


            Dengan segala keunikan keripik ceker ayam tersebut, saya menyadari bahwa Unique Selling Proposition (USP) dari produk ini adalah sebagai cemilan yang sehat dan enak. Karena keripik ceker ayam yang saat ini statusnya masih berupa makanan tradisional, tentunya dengan merubah konsep packagingnya dengan konsep modern dan elegan tentunya akan menumbuhkan suatu trend tersendiri dan membuka peluang bagi pasar snack seperti keripik ceker ayam ini. Selain itu, masyarakat masa kini sudah peduli dengan gaya hidup sehat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pesatnya perkembangan industri makanan yang memiliki label makanan sehat.
Oleh karena itu, saya memilih untuk mendesain billboard keripik ceker ayam ini dengan Strategi Unique Selling Propotition (USP). Karena menurut saya strategi ini berorientasi pada keunikan atau kelebihan yang dimiliki oleh produk ini dan tidak dimiliki oleh produk lain.
Dalam billboard tersebut nampak jelas tagline produk ini, Foot never tasted this good, yang ditampilkan dengan jenis font serta warna yang tegas. Karena tujuan penggunaan media luar ruang seperti billboard adalah bagaimana iklan yang ditampilkan dapat menarik perhatian orang yang melihatnya hanya dalam waktu sepersekian detik. Sehingga diperlukan sesuatu yang sangat unik namun dapat menyampaikan maksud dari sebuah produk dengan tepat kepada khalayaknya.
Saya menggunakan desain yang simple, aneh, namun mengena. Kelezatan produk ini digambarkan dengan mulut seseorang yang terbuka untuk dapat menikmati rasa keripik ceker ayam yang unik dan beda dari keripik-keripik lain. Kemudian tiang penopang billboard sengaja saya ganti dengan kaki ayam raksasa untuk menunjukkan bahwa produk ini merupakan hasil olahan dari ayam. Meskipun bukan bentuk keripik yang saya tampilkan disini, namun dapat saya yakinkan bahwa setiap orang yang melihat billboard ini akan keheranan dan kemudian merasa penasaran sehingga secara sadar maupun tidak sadar, produk ini akan melekat di benak mereka sehingga nantinya diharapkan orang-orang tersebut akan membeli produk ini.
Bahasa yang saya gunakan dalam desain ini adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, karena target sasaran produk ini bukan hanya khalayak dalam negeri namun juga luar negeri. Namun dengan disisipkannya logo 100% produk Indonesia, maka setiap orang yang melihat iklan ini akan menyadari bahwa produk khas Indonesia juga menarik dan berkualitas. Lalu juga terdapat logo Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, sehingga mereka tidak akan ragu untuk menyantap produk ini karena terbukti Halal.
            Dominasi warna-warna tegas pada desain ini seperti merah, putih, krem dan hitam, menyesuaikan dengan objek-objek yang ada dalam billboard tersebut. Seperti mulut, dan ceker ayam itu sendiri. Desain yang terkesan nyeleneh ini tentunya akan dapat membuat billboard ini  mencuri perhatian masyarakat yang melihatnya. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Poster Iklan Chickeet (Keripik Ceker Ayam)

Tugas DKV (Logo)