Poster Iklan Chickeet (Keripik Ceker Ayam)

Poster Iklan


Chickeet 

(Keripik Ceker Ayam)

 


Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual            
Oleh: Navila Arjinia Aulia Sonata (1306385601)
_________________________________________________________________________________________________________
  
Konsep Produk Makanan Ringan khas Indonesia

Saat ini, produk kreatif berupa kripik berbahan dasar ceker ayam yang memiliki rasa yang unik, dan lebih gurih dibanding produk-produk serupa, serta baik untuk kesehatan kulit dan sendi karena adanya kandungan kolagen yang terdapat didalamnya. Sayangnya akibat proses pembuatan yang tradisional dan cenderung memakan banyak waktu, ditambah dengan cara pemasaran dan konsep yang masih tradisional serta kurangnya edukasi kepada masyarakat mengenai keripik ceker ini menyebabkan minat masyarakat terhadap keripik ceker ayam ini masih rendah.
Kekhawatiran umum yang dirasakan masyarakat adalah higienitas produk. Padahal sebenarnya ada step-step tertentu pada proses pengolahan ceker ayam meliputi pembersihan kulit luar ceker ayam itu sendiri sehingga kotoran dan tanah bukan suatu hal yang perlu ditakutkan ketika memakan keripik ceker ayam karena bahan dasar yang diolah tersebut tentunya juga sudah direbus hingga matang dan terjamin untuk dimakan.
Untuk mendapatkan keuntungan dari produksi olahan makanan ringan ini, maka dibutuhkan  konsep yang matang dan kreatif untuk mempromosikan keripik ceker ini kepada masyarakat. Maka dari itu saya mencoba mengangkat sisi ‘imut’ dari produk ini. Karena target utama adalah anak muda, sehingga saya rasa konsep ini akan cocok dengan sasaran produk.
Selain konsep, diperlukan juga sebuah merk / nama produk yang menjual, seperti CHICKEET, yang merupakan singkatan dari Chickeet merupakan singkatan dari “Chicken Feet” atau lebih dikenal dengan “Ceker Ayam”. Dan ditambah dengan Tagline: FEET never felt so GOOD”. Alasan dari penggunaan tagline tersebut adalah karena kripik ceker ayam ini benar-benar memiliki cita rasa khas yang berbeda dari kripik-kripik lainnya, dan dengan tujuan menanamkan sugesti bahwa tidak pernah ada kripik yang rasanya seenak ini.
Berikutnya adalah analisa iklan media cetak berdasarkan prinsip dasar desain grafis:
1.      Teori warna
Penggunaan warna yang seimbang antara warna tegas dan soft membuat poster ini dapat menarik perhatian orang yang melihatnya, pemilihan warna kuning, orange, merah, dan hitam, dan putih menyesuaikan dengan icon yang diambil yaitu ayam, karena produk yang dijual merupakan olahan dari ayam dan sekaligus warna-warna tersebut berkarakter untuk stand out atau menonjol.


2.      Tipografi
Poster ini menggunakan Font: Janda Apple Cobbler Solid (100 pts) untuk tulisan CHICKEET dan KG Life is Messy (30 pts). Alasan penggunaan font yang sederhana namun juga memberikan kesan kuat dan imut sekaligus, bertujuan untuk menarik orang agar penasaran dengan rasa produk yang ditawarkan karena sudah digambarkan secara kuat melalui tipografi di poster ini.

3.      Simbolisme

Saya menggunakan simbol yang sesuai dengan produk yang dijual yaitu ceker ayam, namun diatur sedemikian rupa agar menyerupai huruf E dan dapat menyatu dengan merk produk yaitu CHICKEET agar target sasaran langsung memahami bahwa ini ada kripik yang beda dari yang lain karena berasal dari ceker/kaki ayam.

4.      Dampak psikologis
Dengan berbagai aspek dalam poster ini yang berusaha membuat calon konsumen tertarik mulai dari desain merk produk, kemudian gambar ayam imut yang dilatarbelakangi keripik ceker ayam akan semakin menggugah selera orang sehingga mereka tertarik untuk membeli produknya. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan rasa dari produk ini, maka pasti akan semakin menarik minat orang untuk membeli produk ini.

5.      Efektivitas

Desain yang sederhana namun mengena dirasa sangat pas dan cocok dengan karakter produk ini, sehingga akan sangat efektif dalam memasarkan produk ini melalui iklan media cetak. Selain itu juga dilengkapi dengan informasi kontak dan sosial media yang saat ini menjadi sarana utama seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang primer maupun sekunder.

6.      Hasil
Seluruh aspek dalam iklan serta tentunya produk ini sendiri telah dipersiapkan untuk dapat berhasil di pasaran dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas DKV (Logo)

Billboard Chickeet