Poster Iklan Chickeet (Keripik Ceker Ayam)
Poster Iklan
Chickeet
(Keripik Ceker Ayam)
Mata Kuliah
Desain Komunikasi Visual
Oleh: Navila Arjinia Aulia Sonata (1306385601)
_________________________________________________________________________________________________________
Konsep Produk Makanan Ringan khas
Indonesia
Saat ini, produk kreatif berupa kripik berbahan dasar ceker ayam
yang memiliki rasa yang unik, dan lebih gurih dibanding produk-produk serupa,
serta baik untuk kesehatan kulit dan sendi karena adanya kandungan kolagen yang
terdapat didalamnya. Sayangnya akibat proses pembuatan yang tradisional dan
cenderung memakan banyak waktu, ditambah dengan cara pemasaran dan konsep yang
masih tradisional serta kurangnya edukasi kepada masyarakat mengenai keripik
ceker ini menyebabkan minat masyarakat terhadap keripik ceker ayam ini masih
rendah.
Kekhawatiran umum yang dirasakan masyarakat adalah higienitas
produk. Padahal sebenarnya ada step-step
tertentu pada proses pengolahan ceker ayam meliputi pembersihan kulit luar
ceker ayam itu sendiri sehingga kotoran dan tanah bukan suatu hal yang perlu
ditakutkan ketika memakan keripik ceker ayam karena bahan dasar yang diolah
tersebut tentunya juga sudah direbus hingga matang dan terjamin untuk dimakan.
Untuk mendapatkan keuntungan dari produksi olahan makanan ringan
ini, maka dibutuhkan konsep yang matang
dan kreatif untuk mempromosikan keripik ceker ini kepada masyarakat. Maka dari
itu saya mencoba mengangkat sisi ‘imut’
dari produk ini. Karena target utama adalah anak muda, sehingga saya rasa
konsep ini akan cocok dengan sasaran produk.
Selain konsep, diperlukan juga sebuah merk / nama produk yang
menjual, seperti CHICKEET, yang
merupakan singkatan dari Chickeet
merupakan singkatan dari “Chicken Feet” atau lebih dikenal dengan “Ceker Ayam”. Dan ditambah dengan Tagline:
“FEET never felt so GOOD”. Alasan dari penggunaan tagline tersebut
adalah karena kripik ceker ayam ini benar-benar memiliki cita rasa khas yang
berbeda dari kripik-kripik lainnya, dan dengan tujuan menanamkan sugesti bahwa
tidak pernah ada kripik yang rasanya seenak ini.
Berikutnya adalah analisa iklan media cetak berdasarkan
prinsip dasar desain grafis:
1. Teori
warna
Penggunaan
warna yang seimbang antara warna tegas dan soft
membuat poster ini dapat menarik perhatian orang yang melihatnya, pemilihan
warna kuning, orange, merah, dan hitam, dan putih menyesuaikan dengan icon yang diambil yaitu ayam, karena
produk yang dijual merupakan olahan dari ayam dan sekaligus warna-warna
tersebut berkarakter untuk stand out atau
menonjol.
2. Tipografi
Poster ini menggunakan Font: Janda Apple Cobbler Solid (100 pts) untuk tulisan CHICKEET dan KG Life is Messy (30 pts). Alasan
penggunaan font yang sederhana namun juga memberikan kesan kuat dan imut
sekaligus, bertujuan untuk menarik orang agar penasaran dengan rasa produk yang
ditawarkan karena sudah digambarkan secara kuat melalui tipografi di poster
ini.
3. Simbolisme
Saya
menggunakan simbol yang sesuai dengan produk yang dijual yaitu ceker ayam,
namun diatur sedemikian rupa agar menyerupai huruf E dan dapat menyatu dengan
merk produk yaitu CHICKEET agar target sasaran langsung memahami bahwa ini ada
kripik yang beda dari yang lain karena berasal dari ceker/kaki ayam.
4. Dampak
psikologis
Dengan
berbagai aspek dalam poster ini yang berusaha membuat calon konsumen tertarik
mulai dari desain merk produk, kemudian gambar ayam imut yang dilatarbelakangi
keripik ceker ayam akan semakin menggugah selera orang sehingga mereka tertarik
untuk membeli produknya. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan rasa dari
produk ini, maka pasti akan semakin menarik minat orang untuk membeli produk
ini.
5. Efektivitas
Desain yang sederhana namun mengena dirasa sangat pas dan cocok dengan karakter produk ini, sehingga akan sangat efektif dalam memasarkan produk ini melalui iklan media cetak. Selain itu juga dilengkapi dengan informasi kontak dan sosial media yang saat ini menjadi sarana utama seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang primer maupun sekunder.
Desain yang sederhana namun mengena dirasa sangat pas dan cocok dengan karakter produk ini, sehingga akan sangat efektif dalam memasarkan produk ini melalui iklan media cetak. Selain itu juga dilengkapi dengan informasi kontak dan sosial media yang saat ini menjadi sarana utama seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang primer maupun sekunder.
6. Hasil
Seluruh aspek dalam iklan serta tentunya produk ini
sendiri telah dipersiapkan untuk dapat berhasil di pasaran dan dapat diterima
dengan baik oleh masyarakat.
Ijin pakai logo nya tmksi
BalasHapus